News Update :
Selamat kepada Pesilat Persinas ASAD ; Exa Purbianto, Zakky Imaduddin & Abdul Muqit Irsyad berhasil menyapu bersih medali emas di Arena SEA GAMES 2011 , Semoga Alloh paring Aman Selamat Lancar Barokah.....

PERSINAS ASAD dan Seni di Dalamnya

Minggu, 29 April 2012

Persinas ASAD adalah nama sebuah perguruan silat bukan aliran silat.
Persinas ASAD secara historis tidak ada keterikatan dengan perguruan silat yang ada di Indonesia. Tapi ada beberapa aliran silat yang memperkaya teknik, seni dan beladiri Persinas ASAD. Diantaranya Cimande, Jurus Singa, Silat Indramayu, Pencak Paten (bahasa jawa yg artinya mematikan), Cikalong, Cikaret, Cikampek Ponogoro, Langkah Segitiga Segiempat dan beberpa lainnya yang saya agak lupa.
Persinas ASAD tidak bernaung di organisasi manapun kecuali di IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia). Dan Persinas ASAD juga merupakan salah satu perguruan historis IPSI.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjbzZxPLxY8sxQJp2QCVmwwKgtYNRud_wqbhazvk6EVrEMFeMkg9k6aCwN7Svte9BUz8YlqoKtjXOWu-dU0kDnFcsw5Xs1IiZoXhRw6MO8T9zM2pfv_cbzZ2Bm1LP1gIKhaGl1WJgNAEyT5/s1600/ASAD+KOTA+TASIKMALAYA.jpg


Mengenai Gerakan Dasar

Beberapa gerakan dasar dalam Persinas ASAD mungkin memiliki kemiripan tidak hanya dengan beberapa aliran dan perguruan silat tapi juga dengan beladiri lain seperti karate, kungfu, tinju dll.
Sebagai contoh misalnya :
http://images.silatbogor.multiply.com/image/41/photos/10/400x400/7/IMG_0202.jpg?et=S4i7b50bggGXNPLQ0eTSog&nmid=9716058
Pukulan lurus : mirip dengan pukulan Chudan Zuki karate (hampir semua perguruan punya)
Pukulan uppercut : mirip dengan tinju
Pukulan jab : mirip dengan tinju
Sikut dalam, luar : mirip dengan cikaret
Tendangan lurus/depan C : mirip dengan mae geri karate (hampir semua perguruan punya)
Tendangan samping C : mirip dengan mawasi geri karate (hampir semua perguruan punya)
Tendangan T : hampir semua perguruan punya
Tendangan putar lingkar : hampir semua perguruan punya
Tendangan lutut/gejug : mirip dengan gedan kekomi karate pada gerakan Kata Bassai-Dai
Sapuan atas, bawah, belakang : hampir semua perguruan punya
Guntingan : hampir semua perguruan punya. Dalam Persinas ASAD ada 2 jenis guntingan, guntingan kaki dan tangan.
Tangkisan atas : mirip dengan age uke karate
Tangkisan tengah : mirip seperti uchi uke karate dan cimande
Tangkisan bawah : mirip serut cikalong
Egosan, elakan, hindaran : banyak aliran dan perguruan silat memiliki gerakan ini.
Dan masih ada beberapa gerakan dasar lain yang mungkin memiliki kesamaan nama dan gerak dengan aliran beladiri lain seperti batekan, patahan, tangkapan, dll.
Itu baru bicara gerakan dasar. Gerakan dasar dalam Persinas ASAD itu lebih ditujukan untuk melatih gerakan yang sifatnya mendasar.

Mengenai Beladiri
Bicara mengenai beladiri, berarti bicara mengenai jurus. Persinas ASAD memiliki 10 jurus, Jurus 1-7 adalah jurus tangan kosong, jurus 8 jurus golok, jurus 9 jurus toya, jurus 10 jurus trisula.
Jurus Persinas ASAD terdiri atas beberapa rangkaian gerakan yang hampir sebagian besar bukan diambil dari gerakan dasar. Jika diambil contoh, kira2 type jurusnya seperti cingkrik, bukan seperti jurus cikalong yang lebih simple.
Ini ada contoh salah satu jurus dari Persinas ASAD :
- Nuwieh, maju kanan sambil ‘pukul’ lepas, tugel-buang kanan
- Cutik kanan, tugel-buang kiri
- Ciduk bareng, buang bareng, gebrak, lobe bawah kanan, potong
- Sebrang kanan, lobe atas kiri, potong kiri,
- Ngekun dan maju kanan, sambil ambil kanan lalu tarik, ‘pukul’ kiri, ‘pukul’ kanan (maju isi kanan)
- Liuk kanan sambil cakar kanan, jantrah kanan
- Nguntuk kanan, nguntuk kiri
- Geser maju sambil tilep kanan
- Bacok backhand lalu nagog kiri (jurus golok)
- Dst.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj3ttbeGZI6NBjnWgBpAN7ICsgqiUSR8yRnnM3tmjvCYFtIhUo6yfhuAgvDgl8jy0rdM3RSv38mUCZo6HnJaeop7ACsJCzRAcjGIrUNG9OYF5L7OXazNMIwdNang4ASyQZs4IPmY7mS_BTV/s320/pencak1.jpg

Perlu diketahui, jurus2 dalam Persinas ASAD mulai jurus 1-10 semuanya menggunakan isitilah2 seperti tersebut di atas. Jika diperhatikan kata ‘pukul’ dalam tanda petik bukan pukulan ‘biasa’. Ada lagi istilah lobe yang mirip dengan istilah lok be di cingkrik dan beberapa lairan silat di betawi. Walupun sama nama tapi beda gerakan. Jika dalam cingkrik ada 80 teknik, dalam Persinas ASAD ada sekitar 200-an teknik beladiri dan jika dipecah lagi bahkan bisa lebih.

Jurus Seni
Persinas ASAD memilik Jurus Seni I Selancar Massal.
Juga ada beberapa lainnya seperti Tepak I, Tepak II, Tepak III, Tepak Golok
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiF8xWHPK2f-qz3qLqiRsPGr9QEW5aEUPtKFWl55-Thx253NtC0QDSdFbhzxsIH-KWJoqProJrd-qkGBWP2mtYfq4PjlJJ18T9KsuqWaOWqh_k_ST4GNrD8iW98NrJN0eORj1m-DeeR-rKy/s1600/pencak+silat.jpg

Bahwa dalam beladiri juga telah terjadi silang budaya. Di ambil contoh seperti cah kangkung, ternyata ada juga di Thailand. Waktu itu juga mempraktekan beberapa gerakan dan saya disuruh menebak gerakan tersebut dari gerakan silat mana. Dan dari jawaban saya tidak ada yg benar, karena gerakan tersebut adalah gerakan dari beladiri Thailand. Lalu yang manakah sumber asli asal gerakan tersebut, Indonesia atau Thailand…? Nobody knows….
Jadi dalam beladiri sangat mungkin terdapat kesamaan gerak, karena umumnya manusia sama2 hanya memiliki 2 tangan dan 2 kaki. Tapi justru itulah uniknya, dalam keragaman banyak terdapat persamaan.

Mudah2an ini bisa memberikan sedikit gambaran mengenai Perguruan Silat Nasional ASAD.
http://www.asad.or.id
Share this Article on :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright PD PERSINAS ASAD KAB. GARUT 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.